BERITA

Berita seputar kegiatan Indeks Daya Saing Daerah diharapkan menjadi salah satu dasar utama penyusunan dan penetapan kebijakan nasional maupun daerah yang mendorong sinergi program antar sektor untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kepemimpinan daerah yang inovatif

Kick Off Pemetaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tahun 2020

Tayang : 05/06/2020 21:52:19
Dikunjungi : 896x

Kemenristek/BRIN melalui Direktorat Sistem Inovasi, Deputi Penguatan Inovasi melakukan Kegiatan Kick Off Pemetaan Indeks Daya Saing Daerah  pada hari Jumat 5 Juni secara daring (conference). Kegiatan ini dihadiri Perwakilan Pemerintah Provinsi, Kabupaten dan Kota melalui perangkat daerah yang memiliki tugas dan fungsi dibidang penelitian dan pengembangan dan/atau perencanaan pembangunan dalam hal ini BAPPEDA/BAPPEDALITBANG Seluruh di Indonesia. Lebih dari 300 peserta bersemangat ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. 

Kegiatan ini dibuka oleh Plt. Deputi Penguatan Inovasi Kemenristek/BRIN, dalam sambutannya beliau mengucapkan apresiasi pada peserta yang mengikuti kegiatan yang membahas indeka daya saing daerah. Dalam situasi Covid-19 berdampak terhadap sosial ekonomi dan pembangunan nasional dan daerah ini hal yang cukup serius sehingga jika seandaikan dapat dipetakan, indeks daya saing indonesia bahkan daerah banyak mengalami penurunan. Kita semua berharap tetap dapat bertahan pembangunan daerah karena optimis daerah punya keinginan untuk mengembangkan daerahnya menjadi daerah yang maju dan mandiri dengan meningkatkan indeks daya saing kedepan. Disampaikan pula Kita menggerakkan inovasi-inovasi daerah menyesuaikan dengan kondisi dan arah kebijakan yang terbaru yaitu bagaimana membangun tatanan baru yang produktif tapi aman dari Covid-19. Oleh karenanya situasi baru ini harus segara kita menyesuaikan. Ini adalah bentuk kegotong-royongan, ini bukti nyata betapa masyarakat kita memiliki semangat kebersamaan di situasi sulit seperti ini. Inovasi yang dilakukan bagaimana menjalankan arahan pemerintah disiplin, jadi mereka tetap produktif, pasar tetap jalan, menggunakan hand sanitizer dan protokol kesehatan lainnya.

Pertemuan yang dipimpin oleh Dr. Muhamad Amin, selaku Kepala Sub Direktorat Sistem Informasi dan Desiminasi Inovasi disampaikan bahwa kegiatan ini fokus membahas secara teknis terkait Aplikasi Indeks Daya Saing Daerah. Disampaikan pula bahwa pemetaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD)  mampu meningkatkan kualitas suatu daerah. Diharapkan dengan adanya pemetaan tersebut, pemerintah daerah khususnya akan dimudahkan dalam meramu kebijakan-kebiajakan ke depan dalam melihat potensi-potensi yang dimiliki daerahnya.  IDSD disusun melalui kajian teoritis dan empiris dari berbagai model indeks yang dikeluarkan oleh berbagai Lembaga nasional maupun internasional seperti: Indeks Inovasi Daerah (LAN), Innovative Government Award (Kemendagri), Global Competitiveness Index (WEF), GII (GII-Johnson Cornell University, WIPO dan instead), Asian Competitiveness Institute (ACI) dan berbagai hasil studi daya saing daerah lainnya. IDSD ini tersusun dengan 4 Aspek, 12 Pilar, 23 Dimensi dan 97 Indikator/Kuisioner.

Dilanjutkan Oleh Danang Rita Handoko selaku Kepala Seksi Sistem Informasi menyampaikan bimbingan teknis terhadap Aplikasi Indeks Data Saing. Disampaikan pula bahwa Sistem Aplikasi Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) berbasis online telah dibangun oleh Kementerian Riset Teknologi/BRIN melalui Deputi Penguatan Inovasi. Pembangunan sistem ini bertujuan untuk memetakan tingkat daya saing daerah baik level Provinsi dan Kabupaten/Kota, sebagai upaya untuk mendorong kemandirian dan penguatan daya saing dalam pencapaian target pembangunan daerah di era industri 4.0 serta menjadikan indeks tingkat daya saing daerah sebagai salah satu entry point dalam perumusan, penetapan, monitoring dan evaluasi kebijakan, program dan kegiatan pembangunan di daerah.  Untuk Komponen IDSD Tahun 2020 terdiri dari 97 indikator (kuisioner) yang perlu diisi dan dilaporkan secara online melalui Aplikasi IDSD.  kabupaten/kota dan provinsi sudah kita berikan user dan password untuk mengisi kuesioner yang ada didalam Indeks daya saing ini.

Untuk materi Kick Off Pemetaan Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) Tahun 2020 bisa diunduh disini